Komunikatif itu Mudah!

“Untuk menjadi komunikatif itu mudah!

Tanpa disadari, kadang bentuk komunikasi kita tidaklah komunikatif. Maksudnya, apa yang kita sampaikan akhirnya tidak dapat dipahami oleh lawan bicara. Mengapa?

Di antara yang menyebabkan komunikasi kita menjadi tidak komunikatif adalah karena ketidakmampuan kita memilik diksi dan gaya Bahasa dalam menyampaikannya pada lawan bicara.

Ngomong sama petani yang biasa manggul pacul pake istilah Inggris-Inggrisan yang sulit dimengerti. Ngomong sama anak kecil pake diksi-diksi dewasa yang bahkan mereka belum pernah mendengarnya. Ngomong sama emak-emak warung pake nuansa trendi zaman now yang gaul dan bahkan bikin dia pening dan sakit kepala. Tidak komunikatif plus tidak efektif itu namanya !

Untuk menjadi komunikatif itu mudah.

Kamu hanya perlu memilah diksi-diksi yang dipahami lawan bicaramu. Menurunkan sedikit level gaya bahasamu. Menata intonasi suaramu, gerak tubuhmu, bahkan jika perlu merubah tampilanmu sebentar aja demi dapat menyesuaikan dan menyelami dunia lawan bicaramu.

Gila??
Bukan. Itu namanya komunikatif. Bukankah tubuh juga media komunikasi yang mampu “berbicara”? Demi komunikatif, jangan sungkan untuk merubah tampilannya. Think about it!

Kriiik,…Kriiik,…Kriiik,…

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.