Abu Hurairah, Kucing, dan Minat Baca

Beberapa umat muslim yang mencintai kucing, pasti tau tentang sosok ini. Saya sebut beberapa, karena memang sebagian banyak ada yang enggak tahu. Kurang membaca menjadi salah satu sebabnya.

Siapa yang enggak kenal dengan sahabat Rasul yang satu ini, Abu Hurairah.ra?

Rata-rata umat muslim pasti tahu. Karena setiap hadits Rasul yang kita dengar atau baca, hampir sebagian besar diawali dengan kalimat pembuka “Dari Abu Hurairah.ra…”

Atas ketajaman ingatannya, kedekatan dan sangat seringnya berada di dekat Rasulullah untuk mendengarkan, menghafal, dan mengikuti tuntunan Rasulullah, maka enggak heran jika kemudian Abu Hurairah ra menjadi sahabat yang pertama kali meriwayatkan hadits-hadits Rasul.

Namun adakah yang tahu bahwa “Abu Hurairah” bukanlah nama asli beliau??

Abu Hurairah lahir dengan nama Abdu Syamsi ibn Shakhr Ad-Dausi. 30 tahun lebih muda dari Rasul.  

Paska masuk Islam, Rasul memberinya nama Abdurrahman. Nah sedangkan “Abu Hurairah” adalah julukan yang beliau dapatkan dari Rasul, karena dirinya sangat menyayangi hewan bernama kucing.

Abdurrahman alias Abdu Syamsi ibn Shakhr Ad-Dausi  memiliki seekor kucing peliharaan yang selalu beliau gendong dan elus-elus kemana pun beliau pergi. Sampai-sampai kucing itu ibarat bayang-bayang dirinya yang selalu mengikuti kemana saja.

Enggak hanya itu, kucingnya pun dirawat dengan baik. Dimandiin, dibersihin, plus diberi makan yang layak. Enggak seperti sebagian kita, ada kucing malah dilempar pakai ember.

Selain satu kucing itu, Abdu Syamsi ibn Shakhr Ad-Dausi  juga memiliki banyak kucing lain di rumahnya.  Kecintaannya pada kucing, terinspirasi dari Rasulullaah SAW yang juga sangat mencintai hewan unyu-unyu itu.

Nah, karena kecintaannya pada kucing itulah kemudian Abdurrahman alias Abdu Syamsi ibn Shakhr Ad-Dausi  ini diberi julukan “Abu Hurairah” oleh Rasulullah, yang berarti “Bapak Kucing”.

Aniway, kucing Rasulullaah sendiri bernama Muezza. Yang artinya, hmmm,….coba cari sendiri di google ya. Sebagai bentuk usaha meningkatkan minat baca.

Masa mau mau disuapin terus??

Kriiik,…Kriiik,…Kriiik,…

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.