“Allahu Akbar” itu Kecil!

Hentikan takbir-takbirmu, jika dalam dirimu masih ada rasa ‘aku’. Karena akan terasa percuma akhirnya, jika masih seperti itu!

Saya bicara padanya dan bertanya, “apa yang kau ketahui tentang kalimat takbir ‘Allahu Akbar’?”

Lalu dia menjawab, bahwa kalimat takbir itu artinya adalah “Allah Maha Besar.”

Saya bertanya lagi, “Apa makna bahwa ‘Allah Maha Besar’?”

Lalu dia menjawab pelan, bahwa hanya Tuhanlah yang paling besar dari segala makhluk ciptaan-Nya.

Saya tersenyum, berdiri lalu menjelaskan.

Ada hal lain yang harus diketahui tentang ‘Allahu Akbar’. Yaitu bukan hanya sebatas bahwa Tuhan lah yang Maha Besar. Tapi sadarilah, sesungguhnya kita itu sangat kecil. Begitu kecil. Sehingga enggak perlu lagi memiliki rasa ‘aku’ di dalam diri.

“Itu semua bisa terjadi karena aku,..”, “Kalo bukan karena aku, gak mungkin ada pertunjukkan itu”, “Akulah yang bisa menenangkanmu”, “Tanpaku, kamu tak akan seberhasil itu,..” begitu seterusnya tentang rasa ‘aku’. Sungguh itu tak perlu. Karena kita itu kecil. Sungguh kecil. Sngat kecil!

Kemudian, karena kita semua kecil di semesta ini, maka seharusnya kita memahami hal lainnya. Apa?

Yaitu bahwa kita perlu saling membantu. Tolong menolong pada sesama tanpa pandang beda.

Menolong tanpa peduli siapa yang ditolong. Menerima bantuan tanpa perlu melihat perbedaan, siapa yang memberikan. Hanya mengedepankan prinsip kemanusiaan saja, karena kita sesama manusia. Makhluk-Nya yang kecil.

Allahu Akbar itu kecil. Maksudnya, kitanya-lah yang kecil. Sekutil. Yang kecilnya mungkin terbelah miliyaran belah. Seberapa kecilnya, entahlah.

Sedangkan Dia?

Besar. Maha Besar. Entah seberapa besar-Nya. Karena tak ada satupun yang menyerupai-Nya. “Walam yakullahu, kufuan Ahad.”

Hentikan takbir-takbirmu, jika dalam dirimu masih ada rasa ‘aku’. Karena akan terasa percuma akhirnya jika masih seperti itu!

Tiba-tiba cermin terbelah. Sebelum akhirnya bayanganku sendiri yang kuajak bicara, hilang entah ke mana. Mungkin dia merasa malu pada kesombongannya. Aku.

Kriiik,…Kriiik,…Kriiik,…

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.