Semua Harus Logis!

“Semua bisa dijelaskan, dibuktikan, dan ditelusuri jawabannya. Karena faktanya, segala yang nampak di semesta, dapat diungkapkan dengan logika!”

Demikianlah sebagian dari kita sebagai penggerak literasi. Segalanya harus berbicara dengan data, fakta dan logika. Enggak asal njeplak, enggak malas mencari jawaban, enggak malas untuk tabayyun, dan juga enggak asal menggunakan iman secara serampangan.

Perhatikan video terlampir di bawah ini. Nampak tangga dalam video tersebut berjalan tanpa ada yang menggerakkan :

Contoh lainnya :

Bagi sebagian orang yang malas mencari jawaban untuk mengungkap fakta logika, pasti akan percaya dan berkomentar bahwa hal itu terjadi karena ada makhluk kasat mata yang menggerakkannya. Padahal faktanya, pergerakan yang terjadi itu dapat dijelaskan dengan logika fisika biasa.

Ini namanya Passive Dynamic Walking. Yaitu kala gravitasi bumi di bidang jalan yang menurun serta bentuk kaki tangga yang seimbang dapat memengaruhi pergerakan kaki tangga secara konstan. Hasilnya ya gitu, tangga akan terlihat seperti manusia yang sedang berjalan.

Sebagai penggerak literasi, sebagai manusia berakal, kita semua dilarang berbicara tanpa fakta logika. Harus berbicara data. Harus mau menelusuri kebenaran. Harus banyak membaca. Sehingga enggak asal njeplak memberikan jawaban. Ujung-ujungnya cuma mentok bicara iman, iman, iman, iman, ghoab, ghoib- ghoab, ghoib. Preet!

Dengan tetap meninggikan iman, dengan tetap mengiyakan yang ghaib, tapi faktanya, Tuhan selalu menyuruh kita untuk berpikir.

Sehingga semoga kita semua termasuk dalam golongan orang-orang beriman yang selalu mengAgungkan Tuhan dengan cara-cara yang cerdas. Enggak asal njeplak.

Tapi melalui pencarian keyakinan nalar yang mengiringi iman sendiri. Bukan sebatas katanya, katanya dan katanya. Apalagi malas membaca.

Sayang, gunakan akalmu. Banyaklah membaca. Sehingga Ada Tuhan di Matamu, benarlah adanya!

Kriiik,…Kriiik,…Kriiik,…

Penjelasan lain Passive Dynamic Walking.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.