Pria, Wanita, dan Poligami

“Nikmat data mana lagi yang akan kau dustai, wahai pria-pria pemuja lendir?!”

Saya sering mendengar sebuah pernyataan dari sebagian pria yang menggaungkan praktik poligami (baca:poligini) di masa kini.

Menurut mereka, praktik poligini perlu dilakukan. Mengingat, jumlah wanita cenderung lebih banyak dibandingkan pria. Benarkah?

Mendengar pernyataan ajaib semacam itu, terkadang membuat saya ingin mengeluarkan ucapan ajaib juga. Tapi tentu ucapan semacam itu saya tahan. Bukan karena khawatir kurang sopan. Melainkan, karena takut kurang nampar.

Pernyataan yang mengatakan bahwa jumlah wanita lebih banyak dibandingkan pria, tentu saja merupakan pernyataan yang serampangan. Asal njeplak. Pembodohan.

Saya malah cenderung menganggap, pernyataan itu adalah upaya pembenaran. Yang dilakukan oleh mereka agar niatan poligininya terwujudkan. Sebab, sudah enggak mampu lagi mengondisikan selangkangannya yang terus menggelinjang!

Baca tulisan lainnya : “Benarkah Mayoritas Penghuni Neraka Adalah Wanita?”

Mari cek fakta datanya. Kita tengok lebih dahulu rasio jumlah wanita dan pria di Indonesia. Sebelum menikmati data dunia.

Berdasar Survei Penduduk Antar Sensus (SUPAS 2015), jumlah pria di Indonesia adalah  128,48 juta jiwa dan wanita 127,1 juta jiwa. Prediksi 2018, jumlah pria adalah  132,68 juta jiwa dan wanita 131,47 juta jiwa.​ Menurut pendataan sebelumnya, jumlah pria memang selalu lebih banyak dibanding wanita.

Mari cek data dunia. Dan kamu duhai wanita, jika suamimu berbicara tentang hal ini karena dirinya ngotot ingin kawin lagi, silakan culekkan data ini ke mukanya. Suruh baca!

Menurut “Gender Statistics Highlights from 2012 World Development Report” milik World DataBank, a compilation of databases by the World Bank. February 2012, secara umum, perbandingan pria dan wanita di dunia hampir mendekati rasio 1:1. Yakni 1,09:1 atau 109 pria per 100 wanita.

Sedangkan menurut penelitian yang dilakukan oleh PBB tahun 2015, juga menunjukan bahwa jumlah pria lebih banyak dibandingkan wanita. Rasionya, per 101 pria pada setiap 100 wanita di dunia. Atau mudahnya, ada sekitar 50 juta lebih banyak pria dibandingkan wanita.

Nikmat data mana lagi yang akan kau dustai, wahai pria-pria pemuja lendir?!

Kriiik,…Kriiik,…Kriiik,…

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.